Rabu, 24 Desember 2008

Mengapa Nutrisi Harus Seimbang

Apakah nutrisi yang seimbang dan bagaimana mencapainya?

Apakah nutrisi yang seimbang itu? Nutrisi yang seimbang atau diet yang benar, yang terangkum dalam ilmu pangan berarti nutrisi makanan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan mempunyai dua maksud : yang pertama ialah agar kalori dan unsur-unsur nutrisi dapat memenuhi kebutuhan tubuh konsumen, sehingga menghindari kekurangan unsur-unsur nutrisi dalam semua organ; yang kedua ialah untuk membentuk keseimbangan psikologis di antara nutrisi sehingga dapat memperkuat susunan tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis.
Dengan perkembangan berturut-turut dalam bidang obat-obatan di dunia, terutama perkembangan besar dalam bidang biologi seluler dan biologi molekuler di dekade terakhir ini, penelitian tentang ilmu pangan telah memasuki tingkat sub-seluler dan sub-molekuler di mana bidang studi secara berangsur-angsur diperluas dari penelitian-penelitian sebelumnya yang sederhana tentang kebutuhan tubuh akan unsur-unsur dan nilai-nilai nutrisi berbagai makanan ke segala penelitian memutar mengenai hubungan antara nutrisi dan penyakit, nutrisi masyarakat dan sebagainya.
Dewasa ini banyak pakar nutrisi dan mahasiswa di berbagai negara mulai menyadari bahwa nutrisi dan diet merupakan penyebab dari beberapa penyakit kronis atau metode penting untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit-penyakit ini.
Di pihak konsumen, mereka tidak lagi puas memakai produk-produk kesehatan dan bernutrisi hanya untuk menghindari kekurangan nutrisi dan mencegah penyakit kekurangan nutrisi.
Sebaliknya, semakin banyak orang menyadari pentingnya nutrisi yang seimbang, hubungan antara nutrisi dan penyakit, kemungkinan timbulnya penyakit yang disebabkan karena ketidakseimbangan nutrisi, makin banyaknya orang yang terserang tumor. Sebagai contoh, nutrisi yang tidak seimbang mempunyai hubungan erat dengan kegemukan penyakit jantung koroner, diabetes dan arterioskelerosis.
Oleh karena itu, pada abad 21, masalah turun-tumurun tentang nutrisi buruk dan kekurangan nutrisi harus dipecahkan, begitu pula masalah penyakit kronis dan penyakit menahun karena kekurangan nutrisi, sehingga nutrisi seimbang dapat dicapai, di mana diet yang benar dan nutrisi yang seimbang merupakan jaminan penting untuk menyediakan tenaga, mengubah jaringan, melindungan fungsi-fungsi organ, menyesuaikan metabolisme, melancarkan perkembangan dan generasi organ, mengundurkan usia tua dan mecegah penyakit serta memperpanjang hidup.
Nutrisi yang seimbang sesungguhnya mempertinggi keseimbangan dari berbagai unsur nutrisi seperti perimbangan dari tiga zat pembangkit tenaga yang penting (gula, lemak dan protein) sebagai sumber kalori; keseimbangan asam amino yang diperlukan dalam protein; keseimbangan antara asam lemak jenuh dan tak jenuh; keseimbangan antara makanan hewani dan nabati, dan sebagainya. Dalam hal keseimbangan ini, orang yang berbeda mempunyai kondisi dan syarat-syarat yang berbeda, ambillah orang-orang yang kurang sehat sebagai contoh, kebanyakan dari mereka biasanya mudah menjadi lelah dan tidak enak badan, kurang baik pencernaanya, sangat sukar mengingat, suasana hati yang kacau karena tekanan pekerjaan, dan apabila mereka tidak mengubah lingkuangan, setidaknya mereka dapat membiasakan diri dengan tuntunan pekerjaan dengan cara menyelaraskan struktur diet untuk meningkatkan kekuatan fisik dan tenaga.
Ada suatu persamaan dalam kelompok orang-orang ini, yaitu relatif kurangnya kalsium, magnesium, selenium dan vitamin B sehingga mereka khususnya harus mengutamakan suplemen dari unsur-unsur nutrisi tersebut.
Apabila dalam beberapa keadaan sakit, orang-orang berusia setengah baya dan berusia tua yang menderita lemak darah yang tinggi, arterioskelerosis, dibatasi untuk makan makanan berlemak dan memakannya banyak-banyak, hal ini menyebabkan mereka kekurangan zat-zat nutrisi kalsium, asam lemak tak jenuh, lecithin dan sebagainya yang pada gilirannya memainkan peran penting dalam pemeliharaan sel-sel syaraf, memperkuat memori, mengurangi lemak darah, memperbaiki metabolisme.
Jadi sangat perlu untuk mencapai keseimbangan unsur-unsur nutrisi dalam tubuh melalui makanan bernutrisi yang diperkaya. Bagi mereka yang biasa menderita konstipasi, menambahkan beberapa makanan diperkaya yang mengandung banyak serat akan sangat berguna bagi fungsi perut dan usus.
Sedangkan makanan yang diperkaya merupakan makanan yang diproses mendalam di mana unsur-unsur nutrisi disesuaikan dan ditambahkan agar menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan nutrisi manusia. Dewasa ini, pertimbangan makanan diperkaya dalam diet di berbagai negara terus meningkat setiap tahun.
Produk-produk kesehatan Tianshi merupakan makanan nutrisi, yang semuanya mengikuti standar produksi internasional dan sudah diteliti dan dikembangkan bagi pemecahan masalah nutrisi dari kelompok tertentu manusia. Formulanya ilmiah dan rasional, dan memenuhi peraturan nutrisi. Produk-produk Kesehatan Tianshi merupakan makanan suplemen ideal untuk memperoleh nutrisi yang seimbang.

• Kombinasi 5000 tahun rahasia kesehatan kerajaan Tiongkok kuno dengan pengolahan teknologi modern.
• Bahan alami.
• Sertifikasi & Penghargaan Internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar